dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis
implementasi bauran pemasaran produk Kredit Cepat Aman (KCA) Perum Pegadaian
Cabang Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
paradigma kualitatif. Informan yang dipilih adalah informan kunci (key informan)
perusahaan yaitu Manajer cabang, pemeriksa dan staf.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di Perum Pegadaian Jember adalah
pemasaran jasa, yaitu bauran pemasaran 7P. 7P adalah 1) Product (Produk) berupa
Kredit Cepat Aman merupakan pinjaman berdasarkan hukum gadai dengan prosedur
pelayanan yang mudah, aman dan cepat. 2) Price (Harga) harga produk yaitu bunga
yang murah sebesar 1% selama 2 minggu. 3) Promotion (Promosi) yaitu
menyebarkan brosur dan iklan pada media elektronik. 4) Place (Tempat) sarana untuk
menyalurkan produk pegadaian kepada nasabah, terletak di Jl. Samanhudi No. 47
Jember. 5) Process (Proses) adalah prosedur yang ditetapkan untuk pelayanan dan
kemudahan bagi nasabah KCA. 6) Phsycal Evidance (Bukti Fisik) dilakukan dengan
cara mengelola gedung dicat sesuai dengan ciri khas Pegadaian yaitu hijau, seragam
menarik, kwitansi, tersedia tempat barang kantong, standar untuk pegawai perempuan
yang tidak berjilbab rambutnya pendek dan menggunakan sepatu high heels minimal
5 cm, Software siscadu dan hardware komputer diperbaharui dan diupdate. 7) People
(Orang) merupakan sumber daya untuk menjalankan kegiatan operasionalnya setiap
hari. Setiap pegawai mendapatkan pelatihan secara bertahap mulai dari penaksir
sampai jabatan tertinggi.
Kesimpulan penelitian di Perum Pegadaian Cabang Jember telah menyalurkan
Uang Pinjaman (UP) pada tahun 2009 senilai Rp 44.015.606.500 dan tahun 2010
senilai Rp 47.830.164.000 sehingga terjadi peningkatan sebesar 7,9 %. | en_US |