INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT PADA INSTALASI RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT PARU JEMBER
View/ Open
Date
2013Author
Ishaq, Mahandi
Khaliq Azhari, Abdul
Makmur, Hadi
Metadata
Show full item recordAbstract
Masyarakat yang semakin maju dan modern dengan didukung kelompok pendidikan yang semakin berkembang pula,
struktur sosial dan lingkungan hidup yang menuntut pemerintah untuk melanjutkan, menyempurnakan dan memperbaiki
dalam pelayanan untuk lebih baik. Rumah Sakit Paru Jember sebagai salah satu institusi pelayanan publik yang
memberikan pelayanan di bidang kesehatan, sehingga kualitas pelayanan harus sesuai dengan kepuasan pelanggan. Selain
itu pelayanan ini dianggap sangat penting karena hal ini juga berkaitan dengan keamanan penerima layanan kesehatan.
Dalam penelitian ini, rumusan masalah yang digunakan adalah bagaimana kepuasan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit
paru Jember ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan kesehatan pasien rawat
jalan di Rumah Sakit Paru Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan data kuantitatif.
Sampel yang diambil berjumlah 150 responden dengan menggunakan accidental sampling. Penelitian ini dilakukan di
Rumah Sakit paru Jember mulai 28 Oktober sampai 28 November 2012. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
wawancara, obsevasi, kuisioner, dokumentasi dan studi pustaka. Peneliti menggunakan analisis data dengan melakukan
penghitungan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dengan menghitung harapan dan persepsi responden. Pengukuran
tingkat kualias pelayanan dengan berdasarkan beberapa hal yang digunakan untuk mengukur kepuasan pasien atau
pelanggan. Perbedaan antara persepsi dan harapan pelanggan berdasarkan 14 unsur yaitu prosedur pelayanan, prosedur
pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, kemampuan
petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas,
kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan
keamanan pelayanan. Hasil penelitian diperoleh dengan metode penghitungan tingkat kepuasan pelayanan pasien rawat
jalan di Rumah sakit Paru Jember adalah 73,25 dimana hal ini termasuk kualitas B. Hasil ini masih dibawah kategori
dengan nilai tertinggi (81,26 sampai 100) atau kategoru A.
Collections
- SRA-Social And Politic [333]