MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN METODE BELAJAR KREATIF DAN MANDIRI MELALUI PEMBUATAN SENTER SEDERHANA PADA SISWA KELAS VI SEMESTER II SDN SUMBER KEJAYAN 03 KECAMATAN MAYANG KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perkembangan zaman yang semakin cepat dan pesat berpengaruh
terhadap dunia pendidikan. Dunia pendidikan mengalami perubahan dan
perombakan. Guru adalah subyek utama pelaku pendidikan yang sangat
berpengaruh terhadap keberhasilan suatu pendidikan. Seiring dengan tugas pokok
guru yaitu mengajar, dalam proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah
guru tidak hanya dituntut untuk dapat menyampaikan materi pelajaran, namun
dituntut untuk mampu membimbing dan mendorong siswa untuk lebih giat belajar.
Oleh karena itu guru harus mampu mengusai bahan pelajaran yang akan
disampaikan kepada siswa beserta metode penyampaiannya.
Rumusan masalah yang ingin disajikan sebagai bahan kajian adalah :
Apakah metode belajar kreatif dan mandiri menciptakan karya sederhana melalui
pembuatan senter otomatis pada siswa kelas VI semester II dapat meningkatkan
hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN Sumber Kejayan 03.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri Sumber
Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten Jember yang berjumlah 37 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, test dan
dokumentasi. Teknik analisa data dengan menggunakan deskriptif kualitif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar kreatif dan mandiri
dengan menciptakan karya sederhana yang salah satunya dengan membuat
lampu senter otomatis pada mata pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas VI SD Negeri Sumber Kejayan 03 Kecamatan Mayang Kabupaten
Jember. Saran yang diberikan oleh peneliti adalah untuk memotivasi siswa dalam
belajar, diharapkan kepada para guru untuk menerapkan pembelajaran yang
menekankan pada kreatifitas dan kemandirian dengan memberikan kesempatan
kepada siswa untuk berkarya .