• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 AMBULU

    Thumbnail
    View/Open
    Aji Wijatmiko.pdf (455.3Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Aji Wijatmiko
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil observasi awal, di SMP Negeri 2 Ambulu tahun ajaran 2010/2011 didapatkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika jarang dilakukan inovasi penyampaian materi dan berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar fisika, sehingga perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan apakah penggunaan model Problem Based Instruction disertai Tanya Jawab dapat meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu serta mendeskripsikan apakah penggunaan model Problem Based Instruction dengan Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu.. Model Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang autentik dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri. Model ini mengharuskan siswa melakukan penyelidikan otentik untuk mencari penyelesaian terhadap masalah nyata. Untuk membantu siswa mengarahkan pola pikir siswa kepada konsep yang diinginkan, maka disertakan metode tanya jawab dalam proses pembelajaran.. Langkah-langkah dalam pembelajaran ini adalah sebagai berikut: (1) mengorientasikan masalah kepada siswa; (2) mengorganisasikan siswa berkaitan tugas belajar untuk memecahkan masalah; (3) membimbing penyelidikan agar siswa mendapat pemecahan yang sesuai dengan masalah yang dipecahkan; (4) siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) guru menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Proses tanya jawab diletakkan pada saat siswa menyajikan hasil karya. Dari pra siklus, hanya ada 9 orang yang tuntas belajar. Pada siklus 1, didapatkan bahwa niai Normalized Gain (NG) aktivitas dan hasil belajar masing- masing sebesar 0,417 dan 0,315 dengan jumlah orang yang tuntas belajar sebanyak 21 orang. Secara kualitatif NG tersebut menunjukkan bahwa peningkatan yang dialami adalah sedang. Pada siklus 2, nilai Normalized Gain (NG) yang didapatkan untuk aktivitas dan hasil belajar fisika siswa masing- masing adalah 0,673 dan 0,302 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23 orang. Secara kualitatif nilai ini juga diartikan siswa mengalami peningkatan sedang. Namun penelitian ini telah memenuhi target Normalized Gain (NG) sebesar 0,3. Selama proses pembelajaran dengan model Problem Based Instruction tercipta suasana belajar aktif di kelas. Situasi ini berdampak langsung pada meningkatnya hasil belajar. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan model Problem based Instruction disertai tanya jawab dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5874
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository