PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DISERTAI TANYA JAWAB UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII C SMP NEGERI 2 AMBULU
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal, di SMP Negeri 2 Ambulu tahun ajaran
2010/2011 didapatkan bahwa dalam proses pembelajaran fisika jarang dilakukan
inovasi penyampaian materi dan berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil
belajar fisika, sehingga perlu ditingkatkan.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan apakah
penggunaan model Problem Based Instruction disertai Tanya Jawab dapat
meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu
serta mendeskripsikan apakah penggunaan model Problem Based Instruction
dengan Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C
SMP Negeri 2 Ambulu..
Model Problem Based Instruction merupakan suatu model pembelajaran
yang mengarahkan siswa untuk menyelesaikan permasalahan yang autentik
dengan maksud untuk menyusun pengetahuan mereka sendiri. Model ini
mengharuskan siswa melakukan penyelidikan otentik untuk mencari penyelesaian
terhadap masalah nyata. Untuk membantu siswa mengarahkan pola pikir siswa
kepada konsep yang diinginkan, maka disertakan metode tanya jawab dalam
proses pembelajaran.. Langkah-langkah dalam pembelajaran ini adalah sebagai
berikut: (1) mengorientasikan masalah kepada siswa; (2) mengorganisasikan
siswa berkaitan tugas belajar untuk memecahkan masalah; (3) membimbing
penyelidikan agar siswa mendapat pemecahan yang sesuai dengan masalah yang
dipecahkan; (4) siswa mengembangkan dan menyajikan hasil karya; (5) guru
menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Proses tanya jawab
diletakkan pada saat siswa menyajikan hasil karya.
Dari pra siklus, hanya ada 9 orang yang tuntas belajar. Pada siklus 1,
didapatkan bahwa niai Normalized Gain (NG) aktivitas dan hasil belajar masing-
masing sebesar 0,417 dan 0,315 dengan jumlah orang yang tuntas belajar
sebanyak 21 orang. Secara kualitatif NG tersebut menunjukkan bahwa
peningkatan yang dialami adalah sedang. Pada siklus 2, nilai Normalized Gain
(NG) yang didapatkan untuk aktivitas dan hasil belajar fisika siswa masing-
masing adalah 0,673 dan 0,302 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 23
orang. Secara kualitatif nilai ini juga diartikan siswa mengalami peningkatan
sedang. Namun penelitian ini telah memenuhi target Normalized Gain (NG)
sebesar 0,3.
Selama proses pembelajaran dengan model Problem Based Instruction
tercipta suasana belajar aktif di kelas. Situasi ini berdampak langsung pada
meningkatnya hasil belajar. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan
model Problem based Instruction disertai tanya jawab dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Ambulu.