FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH ROKOK MERK GUDANG GARAM SURYA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NIAGA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Keputusan Memilih Rokok Merek Gudang Garam Surya pada
Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yaitu
penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variabel
atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan
variabel lain dengan pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan teknik
purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada karekteristik populasi
yang sudah diketahui sebelumnya. Karekteristik yang dimaksud adalah mahasiswa
yang memilih rokok merek Gudang Garam Surya. Analisis data menggunakan tabel
frekuensi.
Hasil yang diperoleh berdasarkan tabel frekuensi dapat diketahui bahwa
faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan memilih Gudang Garam Surya pada
mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Niaga Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu
Politik Universitas Jember adalah faktor budaya : kebiasaan masyarakat tidak
berpengaruh karena keinginan responden memiliki pertimbangan sendiri dalam
memilih rokok, faktor sosial : teman kuliah tidak berpengaruh karena selera tiap
orang tidak sama, public figure tidak berpengaruh karena public figure hanya menjadi
ikon produk, keluarga tidak berpengaruh karena selera tiap anggota keluarga tidak
sama, dan status dan peran tidak berpengaruh karena status dan peran tidak
mempengaruhi kepuasan dalam memilih rokok, faktor pribadi : kebanggaan tersendiri
tidak berpengaruh karena yang terpenting adalah kualitasnya, uang saku tidak
berpengaruh karena rokok merupakan sebuah kebutuhan, dan gaya hidup tidak
berpengaruh karena gaya hidup belum tentu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan
responden, faktor psikologi : keinginan sendiri berpengaruh karena memilih sesuai
dengan kebutuhan dan selera yang diinginkan, keputusan pembelian : Responden
memilih rokok merek Gudang Garam Surya karena masuk prioritas yang memuaskan
kebutuhan, Responden memilih rokok merek Gudang Garam Surya karena tahu pasti
segala informasi tentang rokok tersebut sehingga rokok tersebut menjadi merek
pilihan terakhir