PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER KONSISTEN DAN TELITI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION PADA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VII SMP
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses dan hasil pengembangan
perangkat pembelajaran berbasis karakter konsisten dan teliti menggunakan
pendekatan RME pada sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi kelas VII
SMP. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (developmental
research) dengan pengembangan berupa perangkat pembelajaran dan instrumenix
instrumen yang diperlukan untuk mengembangkan karakter konsisten dan teliti pada
diri siswa melalui pembelajaran persegi panjang dan persegi dengan pendekatan
RME meliputi buku guru, buku siswa dan LKS. Proses pengembangan berkaitan
dengan kegiatan pada setiap tahap-tahap pengembangan. Produk akhir dievaluasi
berdasarkan aspek kualitas produk yang ditetapkan. Penelitian dilaksanakan di SMP
Negeri 6 Jember dengan materi ajar persegi panjang dan persegi. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Jember.
Secara rinci tahapan proses pengembangan perangkat pembelajaran dengan
karakterkonsisten dan teliti dengan pendekatan RME pada sub pokok bahasan persegi
panjang dan persegi kelas VII SMP menggunakan model 4-D yang dimodifikasi
dengan model Kemp yaitu define, design, develop dan disseminate. Modifikasi model
4-D dengan model Kemp terdapat pada analisis materi dan analisis tugas.
Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran menghasilkan produk yaitu
RPP I, RPP II, Buku Siswa, LKS I, dan LKS II. Dari hasil validasi perangkat
pembelajaran didapatkan koefisien validasi RPP, Buku Siswa, dan LKS berturut-turut
adalah 4,37, 4,6 , dan 4,6 (skala maksimal 5) dengan interpretasi valid. Persentase
aktivitas guru pada pertemuan 1 dan pertemuan 2 berturut-turut adalah 83,3% dan
90% yang diinterpretasikan baik. Sedangkan untuk persentase aktivitas siswa pada
pertemuan 1 dan pertemuan 2 berturu-turut adalah 82,3% dan 92,2% yang
diinterpretasikan baik. Dari hasil aktivitas guru dan aktivitas siswa, perangkat
pembelajaran dikatakan praktis. Pada pengamatan karakter pada pertemuan 1 karakter
konsisten didapatkan 76,1% (cukup konsisten) dan karakter teliti didapatkan 81,25%
(teliti). Pengamatan karakter pada pertemuan 2 karakter konsisten didapatkan 88,9%
(konsisten) dan karakter teliti didapatkan 93,4% (sangat teliti). Dari hasil analisis
karakter konsisten dan teliti perangkat pembelajaran dikatakan efektif. Perangkat
pembelajaran memenuhi kriteria kualitas penngembangan perangkat yaitu valid,
praktis, dan efektif sehingga perangkat pembelajaran matematika ini dapat dikatakan
baik. Sehingga guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini sebagai
alternatif pembelajaran berkarakter khususnya karakter konsisten dan teliti.