Show simple item record

dc.contributor.authorDesy Nurjannah
dc.date.accessioned2014-07-18T02:46:16Z
dc.date.available2014-07-18T02:46:16Z
dc.date.issued2014-07-18
dc.identifier.nimNIM100210101018
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58535
dc.description.abstractHasil penelitian pada siklus I telah mencapai standar yang ditentukan, dengan ketuntasan klasikal sebesar 77.78%. Rata-rata hasil belajar siswa cukup baik. Persentase keaktifan siswa mencapai 78.075%, dengan 6 kegiatan aktifitas siswa yaitu : Memiliki dan membuka sumber belajar , mendengarkan penjelasan guru, meletakkan kancing, menjelaskan jawaban kepada anggota kelompok, menghabiskan kancing dengan cepat dan benar, mempresentasikan hasil pekerjaan dengan baik , termasuk dalam kategori aktif. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan dengan memberikan soal-soal dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, dan pada saat pemberian umpan balik memberikan hadiah kepada siswa yang dapat mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Selain itu lebih banyak bimbingan kepada kelompok yang kurang aktif, agar terjadi peningkatan hasil belajar dan keaktifan dalam kerja kelompok pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ketuntasan secara klasikal diperoleh sebesar 80.69%. Keaktifan siswa pada siklus kedua meningkat dibandingkan siklus sebelumnya mencapai persentase 95.9%, termasuk dalam kategori sangat baik. Pada grup facebook Math7 Duta, terlihat siswa sangat antusias mengerjakan soal-soal latihan yang ada pada grup facebook. Hal tersebut terlihat pada forum diskusi, dimana siswa bersama-sama menyelesaikan latihan soal pada grup facebook dengan saling bertanya dan berdiskusi di luar jam pelajaran melalui account facebook masing-masing. Siswa tidak lagi lupa untuk mengerjakan pekerjaaan rumah karena pekerjaan rumah yang diberikan dikumpulkan melalui facebook. Siswa juga selalu diingatkan setiap kali ada pekerjaan rumah melalui grup facebook, sehingga siswa rajin mengerjakan pekerjaan rumah. Materi yang di-upload pada facebook membantu siswa untuk belajar. Berdasarkan analisis yang dilakukan, penerapan teknik kancing gemerincing berbantuan facebook terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIE SMP Negeri 2 Tanggul pada pembelajaran sub pokok bahasan persegi panjang dan persegi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101018;
dc.subjectTeknik Kancing Gemerincing, Facebook, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING BERBANTUAN FACEBOOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI KELAS VIIE SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record