dc.description.abstract | Hasil penelitian pada siklus I telah mencapai standar yang ditentukan, dengan
ketuntasan klasikal sebesar 77.78%. Rata-rata hasil belajar siswa cukup baik.
Persentase keaktifan siswa mencapai 78.075%, dengan 6 kegiatan aktifitas siswa
yaitu : Memiliki dan membuka sumber belajar , mendengarkan penjelasan guru,
meletakkan kancing, menjelaskan jawaban kepada anggota kelompok, menghabiskan
kancing dengan cepat dan benar, mempresentasikan hasil pekerjaan dengan baik ,
termasuk dalam kategori aktif. Revisi perencanaan dan tindakan dilakukan dengan
memberikan soal-soal dengan bahasa yang lebih mudah dipahami, dan pada saat
pemberian umpan balik memberikan hadiah kepada siswa yang dapat
mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan kelas. Selain itu lebih banyak
bimbingan kepada kelompok yang kurang aktif, agar terjadi peningkatan hasil belajar
dan keaktifan dalam kerja kelompok pada siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus
II menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Ketuntasan
secara klasikal diperoleh sebesar 80.69%. Keaktifan siswa pada siklus kedua
meningkat dibandingkan siklus sebelumnya mencapai persentase 95.9%, termasuk
dalam kategori sangat baik.
Pada grup facebook Math7 Duta, terlihat siswa sangat antusias mengerjakan
soal-soal latihan yang ada pada grup facebook. Hal tersebut terlihat pada forum
diskusi, dimana siswa bersama-sama menyelesaikan latihan soal pada grup facebook
dengan saling bertanya dan berdiskusi di luar jam pelajaran melalui account facebook
masing-masing. Siswa tidak lagi lupa untuk mengerjakan pekerjaaan rumah karena
pekerjaan rumah yang diberikan dikumpulkan melalui facebook. Siswa juga selalu
diingatkan setiap kali ada pekerjaan rumah melalui grup facebook, sehingga siswa
rajin mengerjakan pekerjaan rumah. Materi yang di-upload pada facebook membantu
siswa untuk belajar.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, penerapan teknik kancing gemerincing
berbantuan facebook terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa
kelas VIIE SMP Negeri 2 Tanggul pada pembelajaran sub pokok bahasan persegi
panjang dan persegi. | en_US |