IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU ANANDA UPTD SKB BONDOWOSO 2013/2014
Abstract
Data primer dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi.
Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Pengolahan
data dalam penelitian ini menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan
ketengunan dan triangulasi data.
Kesimpulan hasil analisis data yaitu implementasi pendekatan pembelajaran
inkuiri dalam membentuk kemandirian anak usia dini dapat ditunjukkan dengan
keaktifan anak didik dalam mengajukan pertanyaan pada saat pembelajaran
berlangsung, dan keterlibatan langsung anak didik dalam pembuatan alat
permainan edukatif dari bahan sederhana sesuai dengan kreasi anak didik dan
sekaligus memberikan tanggung jawab kepada anak didik untuk dapat
menyelesaikan sendiri tugas yang telah diberikan guru.
Saran yang dapat peneliti berikan kepada pendidik yaitu dalam membentuk
kemandirian anak usia dini melalui pendekatan pembelajaran inkuiri hendaknya
pendidik terus menciptakan kegiatan - kegiatan yang bervariasi dalam proses
pembelajaranya agar anak terus aktif mengikuti proses pembelajaran dan
memberikan pengawasan secara penuh kepada masing – masing anak didik,
karena kemampuan tiap anak yang berbeda - beda. Untuk orangtua saran yang
peneliti berikan yaitu terus memantau tiap – tiap tahap perkembangan anak dan
memberi kepercayaan kepada anak agar dapat mandiri.