PENDIDIKAN LIFE SKILL DI PONDOK PESANTREN KAUMAN ALHASANI ALLATHIFI BONDOWOSO TAHUN 2013
Abstract
Tujuan peneliti adalah untuk 1. mengetahui pelaksanaan pendidikan life skill santri di pondok pesantren Kauman Alhasani Alathifi Bondowoso. 2. Mengetahui pelaksanaan usaha Kyai dalam melaksanakan pendidikan di pondok pesantren Kauman Alhasani Allathifi Bondowoso.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode Purposive Area yang dilaksanakan di pondok pesantren Kauman dan penentuan subyek penelitian dengan social situation atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu tempat (place), pelaku (actor, dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara strategis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Pelaksanaaan pendidikan life skill di pondok pesantren Kauman ini belum sepenuhnya berjalan dengan baik, masih banyak sekali yang perlu diperbaiki. Hal ini dapat terlihat dalam proses perencanaannya yang kurang matang karena aspek pencatatan belum dilakukan, akan tetapi proses pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan evaluasi pembelajaran kurang efektif karena untuk saat ini baru dalam proses perumusan. Melihat hal tersebut kiranya dipandang perlu adanya penataan kembali agar pendidikan life skill di Pondok Pesantren Kauman Bondowoso dapat dilaksanakan dengan baik, sehingga mampu menciptakan jiwa santri yang lebih berkualitas dan kompetitif.