STRATEGI INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PUSAT OLEH-OLEH SRI REJEKI BANYUWANGI
Abstract
Inovasi yang diterapkan oleh perusahaan Pusat Oleh-oleh Sri Rejeki merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. Inovasi yang digunakan yaitu berupa ide-ide dalam mengembangkan produk, yang gunanya untuk memproduksi kekhasan produk dan mempertahankan kegiatan usaha yang berkesinambungan. Ide dalam inovasi produk dilakukan oleh perusahaan Pusat Oleh-oleh Sri Rejeki berdasarkan saran dari konsumen dan informasi yang ada diluar, melihat trend pasar ataupun browsing dari internet. Inovasi produk dikembangkan juga berdasarkan pada pemikiran, imajinasi atau
keinginan pemilik usaha, dan didasari dari ide pemilik. Dengan adanya penerapan ide-ide sendiri ataupun dari luar maka dapat digunakan untuk menentukan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dan juga dapat sebagai sarana untuk memenangkan persaingan.
Inovasi yang dilakukan perusahaan Pusat Oleh-oleh Sri Rejeki yaitu dengan menginovasi produk bebasis ukuran, berbasis kemasan, berbasis desain dan berbasis pengembangan bahan komplementer. Yaitu dengan menciptakan berbagai ukuran dengan volume yang berbeda, inovasi kemasan dengan menginovasi kemasan yang lebih menarik dari sebelumnya dan inovasi rasa dengan varian rasa yang berbeda-beda seperti original, keju, jahe, keningar, kelapa, kacang susu, nangka, wijen, coklat dan almond. Inovasi yang diciptakan adalah bertujuan agar konsumen baru tertarik dan minat untuk membeli dan pelanggan pun setia dengan produk yang telah diciptakan sehingga memberikan sambungan perusahaan dalam arti dapat meningkatkan volume penjualan pada perusahaan.