ANALISIS HUBUNGAN BIAYA-VOLUME-LABA SEBAGAI PERENCANAAN LABA PRODUK KRUPUK RAMBAK PADA UD.GAJAH JEMBER
Abstract
Saat ini banyak bisnis yang berkembang di Indonesia baik barang
maupun jasa, sehingga persaingan bisnis saat ini tidak mudah. Suatu perusahaan
harus memiliki perencanaan yang baik untuk menghadapi persaingan bisnis. Salah
satu perencanaan yang harus dilakukan perusahaan adalah perencanaan laba.
Penelitian ini bertujuan untuk, merencanakan BEP, merencanakan
volume penjualan, merencanakan margin kontribusi, merencanakan margin of
safety dan merencanakan degree of operating leverage. Penelitian ini adalah
penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan UD. Gajah sebagai objek
penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer yaitu data historis UD. Gajah
pada tahun 2013 yang didapatkan melalui hasil wawancara dengan pemilik UD.
Gajah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, BEP dalam unit adalah sebesar
1917 ikat sedangkan dalam Rupiah adalah sebesar Rp.73.827.845.Laba bersih
pada tahun 2014 adalah sebesar Rp. 165.104.907. Volume penjualan UD.Gajah
pada tahun 2014 adalah sebesar 8365 ikat atau senilai dengan Rp.332.052.500..
Marjin kontibusi produk kerupuk rambak pada tahun 2014 adalah sebesar Rp.
201.447.419.Margin of safety tahun 2014 adalah sebesar 42% dan degree of
operating leverage adalah sebesar 1,29 atau 12,9%