PENGELOLAAN ARSIP DALAM BIDANG KESEKRETARIATAN PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata Badan Kepegawaian Kabupaten Jember
mengenai Pengelolaan Arsip Dalam Bidang Kesekretariatan Pada Badan
Kepegawaian Daerah Kabupaten Jember, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Mengarsip dokumen-dokumen pada Badan Kepegawaian Kabupaten Jember
khususnya di bidang Peningkatan Kinerja dan Kesejahteraan Pegawai Negeri
Sipil , diantaranya memilah berkas kasus perceraian dan pensiun, mengecek
absen apel pagi Pegawai Negeri Sipil (PNS), menulis pajak pengeluaran dan
pembuatan rekapitulasi daftar nama-nama Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang
mendapat hukuman disiplin. Arsip tersebut dilaksanakan setiap harinya untuk
menghindari penumpukan pekerjaan dan harus dikerjakan secara detail agar
tidak terjadi kesalahan, karena dokumen tersebut bersifat penting dan rahasia.
2. Proses penataan arsip dan prosedur penataan arsip di Badan Kepegawaian
Kabupaten Jember terdiri dari, memisahkan, meneliti, meyusun, dan
menyimpan. Kemudian prosedur penyimpanannya adalah langkah-langkah
pekerjaan yang dilakukan sehubungan dengan akan disimpannya suatu warkat
yang terdiri dari 2 (dua) macam yaitu penyimpanan sementara (file pending)
dan penyimpanan warkat yang sudah diproses (file tetap).
Peralatan dan perlengkapan untuk menyimpan dan menata arsip pada Badan
Kepegawaian Kabupaten Jember menggunakan peralatan arsip yang beraneka ragam
jenis, maka perlu diadakan pemilihan yang cukup teliti agar penyusunan dan
penyimpanan arsip dapat dilakukan dengan baik sesuai kemampuan dan kebutuhan
yang ada. Terdapat beberapa kriteria yang perlu dipertimbangkan sebelum
memutuskan pemilihan peralatan yang akan digunakan yaitu biaya yang tersedia,
besar ruangan yang dapat dimanfaatkan, jenis-jenis arsip yang akan disimpan,
frekuensi penggunaan arsip, dan tingkat pengamanan terhadap arsip yang disimpan.
Peralatan dan perlengkapan untuk
45
3. menyimpan dan penemuan kembali arsip di dilakukan secara manual yaitu
dengan map ordner, tidak dibantu dengan tenaga listrik. Peralatan dan
perlengkapan tersebut antra lain, perforator, Map ordner, Almari Arsip, dan
komputer.
4. Proses pemindahan dan pemusnahan arsip tidak dilaksanakn di Badan
Kepegawaian Kabupaten Jember. Akan tetapi proses tersebut seharusnya
dilakukan karena terdapat keuntungan-keuntungan yang membantu
permasalahan-permaslahan yang mungkin yang mungkin ada di instansi
tersebut.
Keuntungan dari adanya pemindahan dan pemusnahan arsip antara lain :
1. Penghematan penggunaan kantor;
2. penghematan pemakaian peralatan dan perlengkapan kearsipan;
3. tempat arsip yang agak longgar akan memudahkan petugas bekerja dalam
pengarsipan.
Pemusnahan Arsip
Pemusnahan arsip dilakukan dengan cara dibakar,dicacah menggunakan mesin
pencacah kertas,dilebur dengan menggunakan bahan kimia sehingga tidak dapat lagi
dikenal baik isi maupun bentuknya. Sebagian Arsip yang ada di Badan Kepegawaian
Daerah Kabupaten Jember disimpan atau diletakkan di kantor pusat atau diklat di
daerah Kaliwates Jember guna menghindari penumpukan di kantor tempat bekerja
agar terlihat rapi dan bersih.
Collections
- DP-Sectariat Economic [237]