ANALISIS GAYA HIDUP SEGMEN PRIA PRODUK PARFUM DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Segmentasi psikografis membagi pasar menjadi kelompok berbeda berdasarkan kelas sosial, gaya hidup atau karakteristik kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa segmentasi pasar yang terbentuk berdasarkan faktor psikografis konsumen pria produk parfum di Kota Jember. Pada perkembangannya, tidak hanya pria metroseksual yang menggunakan produk kosmetik khusus pria. Salah satu produk kosmetik yang dominan adalah parfum khusus pria. Penelitian ini menggunakan analisis klaster dan CHAID dengan total responden sebanyak 100 orang yang terdiri dari 50 user dan 50 non-user. Perbandingan persentase segmen antara user dan non-user mengindikasikan bahwa keputusan penggunaan parfum telah diterima oleh semua segmen psikografis. Analisis CHAID menemukan bahwa atribut kemampuan parfum memberikan wangi yang mewakili kepribadian pria berkaitan erat dengan kepuasan.
Collections
- MT-Management [539]