Show simple item record

dc.contributor.authorRETNO SRI WULANDARI
dc.date.accessioned2014-07-14T02:07:54Z
dc.date.available2014-07-14T02:07:54Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM100210302049
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58256
dc.description.abstractHasil yang diperoleh dalam penelitian ini keaktifan dan hasil belajar sejarah peserta didik menunjukkan peningkatan keaktifan belajar sejarah yaitu, pada siklus I 76,31%. Pada siklus II 78,94% meningkat 9,8% dari siklus I. Pada siklus III 81,50% meningkat 8,9% dari siklus II. Pada peningkatan hasil belajar sejarah pada siklus I 72,51% meningkat 7,2% dari hasil belajar kogitif pra siklus 68,94%. Pada siklus II 75,43% meningkat 4,7% dari hasil belajar kogitif siklus I. Pada siklus III 78,65% meningkat 2,5% dari hasil belajar kogitif siklus II. Kesimpulan hasil penelitian: (1) terdapat peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E dalam proses pembelajaran sejarah di kelas X5 SMA Negeri 1 Pakusari; (2) terdapat peningkatan hasil belajar sejarah peserta didik melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E dalam proses pembelajaran di kelas X5 SMA Negeri 1 Pakusari. Setelah melakukan penelitian persiklus serta melihat peningkatan keaktifan dan hasil belajar sejarah maka peningkatan keaktifan dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle) 5E dapat tercapai.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210302049;
dc.subjectSiklus Belajar (Learning Cycle), Hasil Belajar Sejarahen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) 5E UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SEJARAH PADA PESERTA DIDIK KELAS X5 DI SMA NEGERI 1 PAKUSARI TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record