Show simple item record

dc.contributor.authorRobby Wahyu Darmawan
dc.date.accessioned2014-07-14T01:56:39Z
dc.date.available2014-07-14T01:56:39Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM100210101011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58251
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan tes akhir di setiap siklusnya. Berdasarkan tindakan pada siklus I dan siklus II pada tanggal 29 Maret 2014 - 19 April 2014, diperoleh hasil bahwa pada siklus I persentase aktivitas siswa sebesar 79,23% dengan kategori sangat aktif. Aktivitas siswa pada siklus II meningkat menjadi 82,28% dengan kategori sangat aktif. Rata-rata kemampuan komunikasi matematik siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2. Peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa pada siklus I meningkat sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. Pada siklus I persentase keberhasilan mencapai 91,42%, terdapat 3 siswa yang memiliki interpretasi peningkatan rendah. Pada siklus II persentase keberhasilan 100%, semua siswa memiliki interpretasi minimal sedang. Berdasarkan analisis tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership ini mampu meningkatkan aktivitas dan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIIC di SMP Negeri 2 Tanggul. Strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran matematika di kelas. Terutama dalam membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Dengan meningkatnya kemampuan komunikasi matematik siswa, salah satu manfaatnya yaitu mereka dapat lebih mudah dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari. Selain itu, motivasi dari guru perlu ditingkatkan agar siswa lebih berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan adanya motivasi tersebut, siswa akan lebih tertarik untuk belajar dan menyukai matematika.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101011;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif, Student Team Heroic Leadership, Komunikasi Matematiken_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN STRATEGI STUDENT TEAM HEROIC LEADERSHIP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA PADASUB POKOK BAHASAN PERSEGI PANJANG DAN PERSEGI DI SMP NEGERI 2 TANGGUL TAHUN AJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record