Show simple item record

dc.contributor.authorFlavia Aurelia Hidajat
dc.date.accessioned2014-07-14T01:45:38Z
dc.date.available2014-07-14T01:45:38Z
dc.date.issued2014-07-14
dc.identifier.nimNIM100210101052
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58247
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan tiap siklusnya mencakup empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 6 Februari 2014. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh pada penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif yang meliputi aktivitas guru, aktivitas siswa, ketuntasan hasil belajar, dan hasil wawancara. Dari hasil penelitian di SMK Negeri 5 Jember, diperoleh aktivitas siswa keseluruhan pada siklus I sebesar 77,53% dengan kategori aktif, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 86,98% dengan kategori sangat aktif. Hasil analisis nilai rata-rata siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping (peta pikiran) pada siklus I mencapai 76,75 dengan persentase ketuntasan 78,12% dan pada siklus II mencapai 77,78 dengan persentase ketuntasan 87,50%. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 1,03. Sedangkan, peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 9,38%. Secara keseluruhan dilihat dari persentase aktivitas siswa dan guru, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan teknik mind mapping pada pokok bahasan relasi dan fungsi dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya. Penelitian ini dikategorikan berhasil, karena terdapat peningkatan hasil dan aktivitas belajar siswa dari Siklus I ke Siklus II.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210101052;
dc.subjectTipe Jigsaw, Teknik Mind Mapping, Bahasan Relasien_US
dc.titlePenerapan Pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Hasil Dan Aktivitas Belajar Pada Pokok Bahasan Relasi dan Fungsi Siswa Kelas X BKJ 2 SMK Negeri 5 Jember Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record