dc.description.abstract | Berdasarkan hasil validasi perangkat pembelajaran diperoleh koefisien validitas
RPP, LKS, THB berturut-turut adalah 4,3; 4,22; 4,35. Persentase aktivitas guru pada
pertemuan I, II dan III secara berturut-turut adalah 83,3%, 88,89%, dan 95,23%.
Persentase aktivitas siswa pada pertemuan I, II dan III secara berturut-turut adalah
80,83%, 85,42%, dan 87,9%. Karakter teliti dan percaya diri siswa kelas VIIIC
berturut-turut adalah 81,58% dan 84,21%. Analisis tingkat penguasaan siswa
terhadap tes hasil belajar menunjukkan dari 36 siswa yang mengikuti THB, terdapat
80,6% (29 siswa) yang mampu mencapai skor minimal 60. Dari hasil analisis
diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi
kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Hasil analisis butir soal menunjukkan
bahwa soal yang dikembangkan mempunyai reliabilitas tinggi dan validitas tinggi.
Tahap terakhir adalah tahap penyebaran. Tahap ini dilakukan dengan
penyerahan perangkat pembelajaran ke guru matematika sekolah uji coba, laboma,
perpustakaan Universitas Jember, dan via internet. | en_US |