dc.description.abstract | Pada indikator pertama Taman Penitipan Anak yaitu kegiatan bermain
memiliki kontribusi sebesar 0,839 jika diprosentasekan nilai kontribusi sebesar 83,9%
terhadap karakter disiplin anak. Indikator bermain juga memiliki kontribusi sebesar
0,794 jika diprosentasekan nilai kontribusi sebesar 79,4% terhadap karakter mandiri
anak. Dan indikator bermain memiliki kontribusi sebesar 0,843 jika diprosentasekan
nilai kontribusi sebesar 84,3% terhadap karakter tanggung jawab anak.
Pada indikator kedua Taman Penitipan Anak yaitu kegiatan pembentukan
kebiasaan memiliki kontribusi sebesar 0,910 jika diprosentasekan nilai kontribusi
sebesar 91% terhadap karakter disiplin anak. Indikator pembentukan kebiasaan juga
memiliki kontribusi sebesar 0,778 jika diprosentasekan nilai kontribusi sebesar 77,8%
terhadap karakter mandiri anak. Dan indikator pembentukan kebiasaan memiliki
kontribusi sebesar 0,785 jika diprosentasekan nilai kontribusi sebesar 78,5% terhadap
karakter tanggung jawab anak. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh harga
signifikan hitung sebesar 0,00 jika dikonsultasikan 0,00 < 0,05 dengan N=28 hasilnya
signifikan maka dapat disimpulkan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat kontribusi taman penitipan
anak terhadap perkembangan karakter anak usia dini di TPA Agripina Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi ketua taman penitipan anak
diharapkan agar dapat meningkatkan lagi kualitas, fasilitas, serta proses
pembelajaran. Sedangkan untuk orang tua diharapkan untuk ikut serta dalam
mengembangkan karakter anak, karena orang tua adalah orang yang pertama dan
utama untuk mereka belajar, sehingga anak akan mampu memiliki karakter yang
cukup sebagai bekal untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. | en_US |