HUBUNGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE DENGAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN “BUAH HATI KITA” SUMBERSARI JEMBER TAHUN 2013
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian ini antara bermain puzzle dengan kemampuan
kognitif terdapat tingkat korelasi sebesar 0,798 dengan menggunakan bantuan
software SPSS (Statistical Program For Sosial Science) v.16 for windows bahwa
permainan puzzle memiliki hubungan yang erat dengan kemampuan kognitif anak
usia dini. Secara garis besar permainan puzzle yang diberikan pada anak usia dini
memiliki manfaat yang besar bagi kemampuan kognitif anak. Karena dalam
permainan puzzle akan mengajak anak untuk belajar mengkoordinasikan antara
tangan dan mata, dalam permainan puzzle juga terdapat warna, gambar, angka,
dan lain sebagainya.
Berdasarkan pemaparan diatas Maka dapat disimpulkan bahwa Korelasi
permainan puzzle dengan kemampuan kognitif yang diperoleh menggunakan
software SPSS (statistical program for social science) v.16 for windows,
diperoleh hasil korelasi kuat yaitu sebesar 0,798 > Rhotabel sebesar 0,361 maka
terdapat hubungan yang signifikan antara permainan puzzle dengan kemampuan
kognitif anak usia dini di kelompok bermain ”BUAH HATI KITA” Sumbersari-
Jember Tahun 2013dan saran penelitian bagi kelompok bermain “BUAH HATI
KITA” yaitu dalam memberikan program permainan puzzle hendaknya perlu
adanya variasi pembelajaran agar kemampuan kognitif anak dapat terasah secara
maksimal.