HUBUNGAN KINERJA TUTOR DENGAN PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PROGRAM KEJAR PAKET C KELAS X11 DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR BONDOWOSO TAHUN 2014
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa antara kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik memiliki tingkat korelasi yang kuat yaitu sebesar 0,754. Ini juga dapat dilihat antara hubungan dari kedua indikator dari kedua variabel tersebut juga memiliki hubungan yang kuat. Hubungan pengetahuan tutor dengan minat yaitu sebesar 0,629, hubungan pengetahuan tutor dengan kesiapan 0,907, hubungan keterampilan tutor dengan minat yaitu sebesar 0,796 dan hubungan keterampilan tutor dengan kesiapan yaitu sebesar 0,622. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut, maka diketahui bahwa korelasi antara kinerja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik di peroleh nilah Rhohitung sebesar 0,754. Nilai tersebut lebih besar dari Rhotabel untuk N=26 yaitu 0,392, yang artinya hipotesis alternatif atau kerja di terima dan hipotesis nol di tolak.
Dari analisis data di atas dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kineja tutor dengan partisipasi belajar peserta didik program kejar paket C kelas XII di SKB Bondowoso tahun 2014. Sehingga dapat di sarankan tutor dapat terus meningkatkan kinerjanya untuk dapat menambah partisipasi belajar peserta didiknya untuk hasil pembelajaran yang lebih baik.