dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi dan hasil
belajar siswa meningkat. Berdasarkan hasil analisis data angket yang semula pada pra
siklus skor motivasi belajar siswa sebesar 38,9, meningkat menjadi 79 pada siklus 1,
dan pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 88,43. Berdasarkan hasil analisis data
observasi skor motivasi siswa secara klasikal yang semula pada siklus I sebesar 76
meningkat pada siklus II sebesar 86. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 50,6,
sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 60,1, dan pada siklus 2 meningkat
menjadi 81,3.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode inquiry dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Mrawan 01 Jember. Saran untuk guru, dapat digunakan sebagai alternatif dalam
kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk
pihak sekolah, dapat memberikan sumbangan pemikiran sebagai salah satu cara untuk
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Saran untuk peneliti lain, diharapkan
hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengembangan pembelajaran dan
pengalaman untuk kegiatan pembelajaran selanjutnya. | en_US |