• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODEPROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN POKOK BAHASAN MENGHARGAI KEPUTUSAN BERSAMA DI SD DARUL HIKMAH KRANJINGAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    PUTRI NUR LAILY R. - 100210204031_1.pdf (129.8Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Putri Nur Laily R.
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dengan penerapan metode problem solving. Berdasarkan hasil analisis data mengenai aktivitas belajar siswa kelas V pada siklus I dan II, diperoleh data bahwa pada siklus I perolehan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 74,64% dan termasuk pada kriteria aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 10,71% dari 74,64% menjadi 85,35% dan termasuk pada kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil analisis data mengenai hasil belajar siswa kelas V pada siklus I dan siklus II, diperoleh data bahwa persentase skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77,07% termasuk pada kriteria hasil belajar baik. Pada siklus II terjadi peningkatan 8,93%, dari 77,07% menjadi 86% termasuk pada kriteria hasil belajar sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil observasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V di SD Darul hikmah Kranjingan Jember dari pra siklus, siklus I, dan siklus II, terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Saran bagi kepala sekolah hendaknya dapat menyarankan kepada guru untuk menggunakan metode problem solving dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta dapat menggunakan metode problem solving sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran dalam pembelajaran PKn. Bagi peneliti lain hendaknya dapat dijadikan sebagai informasi untuk melakukan penelitian sejenis dengan bahasan yang berbeda dan hendaknya dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau referensi mengenai penerapan metode problem solving.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58220
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository