PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS II SDN LOJEJER 05 WULUHAN TAHUN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendekatan
matematika realistik sangat efektif diterapkan pada pokok bahasan perkalian dengan
media kelereng, sterofom dan pipet. Hal ini ditunjukkan dari kegiatan yang paling
terlaksana yaitu aspek menggunakan model, siswa lebih antusias dan aktif dalam
mengkonstruk pengetahuannya dengan media yang telah disedikan guru. Selain itu
penerapan pendekatan matematika realistik juga mampu meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada pokok bahasan perkalian
bilangan persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,9%
dari 67,3% dari siklus I menjadi 84,2% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami
peningkatan sebesar 6,6 dari 73 pada siklus I menjadi 79,6 pada siklus II.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika
realistik pokok bahasan perkalian bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. Saran dari peneliti adalah dalam
pelaksanaan pendekatan matematika realistik, hendaknya dapat membimbing siswa
untuk berani berpendapat dan mampu mengkonstruk konsep dengan pemahamannnya
sendiri sehingga konsep tersebut dapat melekat kuat pada siswa dan mampu
menjadikan pembelajaran yang menantang bagi siswa sehingga pembelajaran tidak
membosankan serta dapat menggunakan media kelereng sebagai alat peraga atau
model dalam pembelajaran.