• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERKALIAN SISWA KELAS II SDN LOJEJER 05 WULUHAN TAHUN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    LIA NUR FADILAH NOVIANA - 100210204054_1.pdf (222.9Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    LIA NUR FADILAH NOVIANA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pendekatan matematika realistik sangat efektif diterapkan pada pokok bahasan perkalian dengan media kelereng, sterofom dan pipet. Hal ini ditunjukkan dari kegiatan yang paling terlaksana yaitu aspek menggunakan model, siswa lebih antusias dan aktif dalam mengkonstruk pengetahuannya dengan media yang telah disedikan guru. Selain itu penerapan pendekatan matematika realistik juga mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian pada pokok bahasan perkalian bilangan persentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 16,9% dari 67,3% dari siklus I menjadi 84,2% pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 6,6 dari 73 pada siklus I menjadi 79,6 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan matematika realistik pokok bahasan perkalian bilangan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SDN Lojejer 05 Wuluhan. Saran dari peneliti adalah dalam pelaksanaan pendekatan matematika realistik, hendaknya dapat membimbing siswa untuk berani berpendapat dan mampu mengkonstruk konsep dengan pemahamannnya sendiri sehingga konsep tersebut dapat melekat kuat pada siswa dan mampu menjadikan pembelajaran yang menantang bagi siswa sehingga pembelajaran tidak membosankan serta dapat menggunakan media kelereng sebagai alat peraga atau model dalam pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58219
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository