PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA DI SDN LAMPEJI 02
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lampeji 02 Mumbulsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 27 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dari Hopkins yaitu penelitian tindakan kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan selama 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 68,52% dan pada siklus II mencapai 78,15%, sehingga aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,63%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I sebesar 70,37 dan pada siklus II sebesar 85,19, sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,82.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat cahaya kelas V di SDN Lampeji 02 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah model Group Investigation dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.