• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN SIFAT CAHAYA DI SDN LAMPEJI 02

    Thumbnail
    View/Open
    Heru Seta Anggriawan - 100210204058_1.pdf (275.4Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Heru Seta Anggriawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SDN Lampeji 02 Mumbulsari. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 27 siswa, yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dari Hopkins yaitu penelitian tindakan kelas dalam bentuk spiral yang terdiri dari empat fase yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan selama 2 siklus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 68,52% dan pada siklus II mencapai 78,15%, sehingga aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 9,63%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada siklus I sebesar 70,37 dan pada siklus II sebesar 85,19, sehingga mengalami peningkatan sebesar 14,82. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPA pokok bahasan sifat cahaya kelas V di SDN Lampeji 02 dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran berdasarkan hasil penelitian adalah model Group Investigation dapat dijadikan alternatif pilihan bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas belajar dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58218
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository