PENERAPAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA SISWA KELAS III SD NEGERI 3 TAPANREJO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa prosedur penerapan
media gambar berseri yang dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan
sederhana adalah (1) guru membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil, lalu
membagikan gambar berseri, (2) setiap anggota kelompok bertugas membuat sebuah
kalimat sebagai kerangka karangan, (3) setiap siswa bebas mengembangkan kerangka
karangan, (4) siswa diberi kesempatan untuk memperbaiki kembali hasil
karangannya. Peningkatan keterampilan menulis karangan sederhana setelah
digunakan media gambar berseri, pada siklus I terdapat 20 siswa yang mendapat nilai
≥ 65, yang sebelumnya hanya 18 siswa yang tuntas hasil belajarnya dari keseluruhan
jumlah siswa. Selanjutnya, pada siklus II yang merupakan perbaikan dari siklus I,
terdapat 24 siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Jadi, sebanyak 24 siswa atau 77% dari
total 32 siswa kelas III SD Negeri 3 Tapanrejo Banyuwangi sudah mencapai
ketuntasan nilai secara klasikal (≥ 70 % dari jumlah siswa). Dengan demikian,
pembelajaran yang dilakukan pada siklus II sudah berhasil. Dan peneliti sudah
merasa cukup dengan hasil yang diharapkan sudah tercapai.
Saran dari penelitian ini adalah guru hendaknya dapat menggunakan media
gambar berseri secara maksimal, dan juga guru hendaknya lebih variatif dan inovatif
dalam menggunakan media pembelajaran guna menunjang proses pembelajaran.