PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III A SEMESTER 2 PADA MATA PELAJARAN PKn TEMA REKREASI DI SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Pelaksanaan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) berjalan lancar dan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus sebesar 41,67 dengan kategori cukup aktif, pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 69,94 dengan kategori aktif, dan pada siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 81,25 dengan kategori sangat aktif. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 39,58. Adapun rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 69,76 dengan kategori cukup baik, pada siklus I sebesar 84,95 dengan kategori sangat baik, dan pada siklus II sebesar 85,58 dengan kategori sangat baik. Peningkatan hasil belajar siswa dari pra siklus, siklus I, dan siklus II sebesar 15,83.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III A semester 2 pada mata pelajaran PKn tema rekreasi SDN Sumbersari 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Saran dalam penelitian ini adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) sebagai alternatif bagi peningkatan mutu pembelajaran khususnya pada mata pelajaran PKn.