• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    DIAH PRATIWI - 100210103079_1.pdf (406.7Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Diah Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata presentase seluruh validator ahli yaitu 76,92% dengan kriteria valid dan rata-rata presentase seluruh validator pengguna yaitu 87,98% dengan kriteria sangat valid. Pada hasil uji coba kelompok kecil didapatkan data hasil penyebaran angket terhadap keterbacaan buku siswa diperoleh data rata-rata sebesar 88,89% menyatakan mudah dibaca, pada komponen kegiatan siswa diperoleh data rata-rata sebesar 83,34% menyatakan senang dengan kegiatan siswa baik, untuk aspek bahasa dan latihan soal yang terdapat dalam kegiatan siswa diperoleh data sebanyak 88,89%, aspek yang terakhir yaitu mengenai pendapat dalam pengerjaan uji kompetensi diperoleh data sebanyak 88,89% menyatakan mudah mengerjakan dari soal yang diberikan. Pada hasil uji coba terbatas pada respon siswa diperoleh hasil yang positif. Dari data hasil penyebaran angket respon siswa terhadap buku siswa diperoleh data yaitu pendapat siswa terhadap buku siswa diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 96,25% siswa menyatakan mudah, perasaan siswa terhadap buku siswa diperoleh ratarata respon siswa sebesar 92% siswa menyatakan senang, pendapat siswa tentang bahasa dan materi didapatkan hasil rata-rata respon siswa sebesar 91,25% menyatakan mudah, pendapat siswa terhadap tulisan, gambar, dan letak gambar dan kegiatan siswa didapatkan hasil rata-rata respon siswa 89,17% menyatakan sesuai, pendapat siswa terhadap soal uji kompetensi didapatkan hasil rata-rata respon siswa 95% menyatakan mudah. Dalam pelaksanaan uji kelompok terbatas diadakan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajara siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisisih rata-rata pretest dan posttest. Pada akhir pelaksanaan diketahui bahwa penggunaan buku siswa berbasis SAVI mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58195
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository