PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERNAPASAN KELAS XI SMA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-rata presentase seluruh validator ahli
yaitu 76,92% dengan kriteria valid dan rata-rata presentase seluruh validator pengguna
yaitu 87,98% dengan kriteria sangat valid. Pada hasil uji coba kelompok kecil didapatkan
data hasil penyebaran angket terhadap keterbacaan buku siswa diperoleh data rata-rata
sebesar 88,89% menyatakan mudah dibaca, pada komponen kegiatan siswa diperoleh
data rata-rata sebesar 83,34% menyatakan senang dengan kegiatan siswa baik, untuk
aspek bahasa dan latihan soal yang terdapat dalam kegiatan siswa diperoleh data
sebanyak 88,89%, aspek yang terakhir yaitu mengenai pendapat dalam pengerjaan uji
kompetensi diperoleh data sebanyak 88,89% menyatakan mudah mengerjakan dari soal
yang diberikan. Pada hasil uji coba terbatas pada respon siswa diperoleh hasil yang
positif. Dari data hasil penyebaran angket respon siswa terhadap buku siswa diperoleh
data yaitu pendapat siswa terhadap buku siswa diperoleh rata-rata respon siswa sebesar
96,25% siswa menyatakan mudah, perasaan siswa terhadap buku siswa diperoleh ratarata
respon siswa sebesar 92% siswa menyatakan senang, pendapat siswa tentang bahasa
dan materi didapatkan hasil rata-rata respon siswa sebesar 91,25% menyatakan mudah,
pendapat siswa terhadap tulisan, gambar, dan letak gambar dan kegiatan siswa didapatkan
hasil rata-rata respon siswa 89,17% menyatakan sesuai, pendapat siswa terhadap soal uji
kompetensi didapatkan hasil rata-rata respon siswa 95% menyatakan mudah. Dalam
pelaksanaan uji kelompok terbatas diadakan pretest dan posttest untuk mengetahui hasil
belajara siswa. Hal ini dapat dilihat dari selisisih rata-rata pretest dan posttest. Pada akhir
pelaksanaan diketahui bahwa penggunaan buku siswa berbasis SAVI mampu
meningkatkan motivasi belajar siswa.