dc.description.abstract | Analisis data dengan uji N-gain diperoleh skor N-gain pada masing-masing
pertemuan. Pertemuan pertama diperoleh skor N-gain sebesar 0,50, pada pertemuan
kedua sebesar 0,48, dan pada pertemuan ketiga 0,55. Dengan kata lain bahwa hasil
belajar fisika siswa setelah menggunakan Paket Bahan Ajar dengan analisis kejadian
riil dalam foto dan wacana isu mengalami peningkatan pada setiap pertemuan dalam
kategori sedang. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh pertemuan pertama, kedua,
dan ketiga berturut-turut adalah 65,7%, 69,5%, 73,4% dan jika dirata-rata sebesar
69,4%. Hasil analisis aktivitas belajar siswa dari ketiga kelas tersebut jika disesuaikan
dengan kriteria aktivitas siswa, maka termasuk pada kriteria aktif.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini
adalah: (1) hasil belajar fisika siswa setelah pembelajaran menggunakan Paket Bahan
Ajar dengan analisis kejadian riil dalam foto dan wacana isu mengalami peningkatan
dalam kategori sedang daripada hasil belajar fisika siswa sebelum pembelajaran, (2)
aktivitas belajar siswa selama pembelajaran menggunakan Paket Bahan Ajar dengan
analisis kejadian riil dalam foto dan wacana isu dalam pembelajaran fisika dapat
digolongkan dalam kategori aktif. | en_US |