DAYA PERSUASIF DALAM WACANA IKLAN KOMERSIAL PRODUK MAKANAN DAN MINUMAN DI MEDIA TELEVISI
Abstract
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan
materi pembelajaran dalam kurikulum 2013. Bagi peneliti selanjutnya, penelitian
ini diharapkan dapat dijadikan acuan untuk melakukan penelitian sejenis dengan
lingkup yang lebih luas. Bagi insan pertelevisian, hasil penelitian ini diharapkan
mampu memberikan masukan dalam membuat wacana iklan yang tetap berdaya
persuasif namun logis. Bagi masyarakat, hasil penelitian ini diharapkan mampu
membuat masyarakat lebih bijak dalam memaknai sebuah wacana iklan di media
televisi.
Berdasarkan pembahasan dan kesimpulan terkait wacana iklan konsumen
di media televisi yang telah dianalisis dari segi daya persuasifnya, disarankan
beberapa hal bagi pihak terkait yaitu: 1) bagi guru bahasa Indonesia, penelitian ini
dapat digunakan untuk mengembangkan materi pembelajaran dalam kurikulum
2013 yang berkaitan dengan wacana iklan misalnya pada kompetensi dasar 1.3
kelas XII, 2) bagi peneliti selanjutnya, hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan
untuk melakukan penelitian sejenis dengan lingkup yang lebih luas misalnya
penelitian tentang tindak persuasif, modus persuasif pada wacana iklan komersial
produk makanan dan minuman. 4) bagi insan pertelevisian, hasil penelitian ini
diharapkan dapat memberikan masukan terutama dalam menyusun wacana iklan
selain berdaya persuasif juga harus memerhatikan unsur kelogisan, 5) bagi
masyarakat, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan agar masyarakat dapat
memaknai iklan secara lebih bijak dan edukatif.