MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK INTENSIF WACANA CERITA MELALUI MEDIA AUDIO PADA SISWA KELAS VII SMP ISLAM TANJUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Madura dan di ikuti oleh semua siswa kelas VII sebanyak 39 siswa.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitatif adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menyimak cerita. Instrument penelitian dalam penelitian ini ada jenis, yaitu : 1. Instrument pengumpulan data, 2. Instrument pemandu analisis data. Kemampuan menyimak intensif melalui media audio dalam wacana cerita pada Siswa Kelas VII SMP Islam Tanjung Kecamatan Camplong Kabupaten Sampang Madura dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II.
Hasil pembelajaran pada siklus I mengenai hasil belajar siswa pada siklus I tentang menyimak wacana cerita dalam menentukan ide pokok, ide penjelas, dan menceritakan kembali isi wacana cerita diperoleh data untuk nilai tertinggi yang diperoleh responden adalah 75 dan nilai terendah adalah 50, serta rata-rata hasil belajar sebesar 63,97. Perolehan hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif wacana cerita melalui media audio, 13% berada pada kategori baik, 82% cukup, dan 5% kurang.
Hasil pembelajaran pada siklus II mengenai hasil belajar siswa pada siklus II tentang menyimak cerita dalam menentukan ide pokok, ide penjelas dan menceritakan kembali wacana cerita diperoleh data untuk nilai tertinggi yang diperoleh responden adalah 96,66 dan nilai terendah adalah 70, serta rata-rata hasil belajar sebesar 77,88. Perolehan hasil belajar siswa dalam meningkatkan kemampuan menyimak intensif wacana cerita melalui media audio, 33% berada pada kategori baik sekali, 67% baik, dan tidak ada katagori dibawah katagori Cukup.
Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, untuk selanjutnya supaya pada media audio (kaset) dalam menceritakan lebih lambat atau pelan, sehingga siswa bisa lebih mudah untuk mengikutinya.Isi ceritanya disesuaikan dengan pengalaman siswa
sehingga media audio dapat lebih maksimal dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa.