PENERAPAN METODE PRACTICE REHEARSAL PAIRS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII A SMPN 1 RAMBIPUJI JEMBER DALAM MEMBAWAKAN ACARA
Abstract
Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rambipuji
Jember, dimulai pada 7 Januari 2014 untuk tahap observasi serta pada 10 dan 14
Maret 2014 untuk tahap penelitian. Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas VIII A.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan metode observasi, catatan lapangan, tes unjuk kerja,
wawancara, dan dokumentasi.
Proses penerapan metode PRP untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam
membawakan acara sebagai berikut. (1) guru membagi siswa menjadi beberapa
kelompok; (2) guru menjelaskan materi membawakan acara; (3) guru menjelaskan
prosedur metode PRP; (4) siswa membentuk pasangan di dalam kelompok; (5) siswa
bersama pasangan berlatih dan praktik membawakan acara secara berpasangan
(double MC); dan (6) setiap pasangan dinilai oleh pasangan lain dalam satu
kelompok. Tahap-tahap tersebut dapat berjalan lancar dan menunjukkan peningkatan
dari siklus I ke siklus II. Peningkatannya yakni, hasil belajar siswa meningkat dari
60,52% atau 23 siswa yang tuntas pada siklus I menjadi 84,22% atau 32 siswa yang
tuntas pada siklus II. Kemampuan rata-rata siswa meningkat dari 76,58 pada siklus I
menjadi 82,95 pada siklus II. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa
penelitian mengenai penerapan metode PRP dapat meningkatkan kemampuan siswa
kelas VIII A SMPN 1 Rambipuji Jember tahun pelajaran 2013−2014 dalam
membawakan acara.