• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS WACANA PADA STIKER MOTOR DI KAMPUS FKIP UNIVERSITAS JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    2. HALAMAN SAMPUL.pdf (269.6Kb)
    Date
    2014-07-11
    Author
    Novario Ari Ardiansyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis modus yang digunakan dalam wacana pada stiker motor di kampus FKIP UNEJ tahun 2013 adalah modus pernyataan, modus larangan, modus peringatan, modus permohonan, modus pemberitahuan, dan modus perintah. Di samping itu, wacana pada stiker motor di kampus FKIP UNEJ tahun 2013 juga mengandung unsur ilokusi. Bentuk ilokusi yang terkandung dalam wacana pada stiker motor di kampus FKIP UNEJ tahun 2013 di antaranya berupa ilokusi direktif, ilokusi komisif, ilokusi ekspositif, dan ilokusi deklaratif. Selain menggunakan jenis-jenis modus dan mengandung unsur ilokusi, wacana pada stiker motor di kampus FKIP UNEJ tahun 2013 juga memiliki unsur koteks dalam membangun makna atau pesan yang disampaikan. Wujud koteks yang ditemukan pada wacana pada stiker motor di kampus FKIP UNEJ tahun 2013 di antaranya berupa lambang atau tanda, gambar, dan warna yang menyertai stiker tersebut. Lambang atau tanda, gambar, dan warna yang menyertai stiker tersebut mendukung pembentukan makna dalam wacana. Saran yang dapat disampaikan antara lain adalah bagi mahasiswa program studi bahasa Indonesia, hasil penelitian ini digunakan sebagai contoh dan bahan diskusi pada mata kuliah analisis wacana. Bagi guru mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di sekolah menengah, hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan pengembangan materi ajar penulisan wacana. Bagi peneliti selanjutnya yang serupa, hasil penelitian ini dijadikan sebagai bahan acuan untuk meneliti objek yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/58182
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository