dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan indeks kepuasan masyarakat
pengguna kartu jamkesda pada instalasi rawat inap yang diberikan oleh RSUD Dr.
Haryoto Kabupaten Lumajang dengan menggunakan Indeks Kepuasan Kasyarakat
(IKM). IKM adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang
diperoleh dari hasil pengukuran data secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat
masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan
publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks kepuasan
masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi
prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan
petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas
pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan,
kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya
pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan
pelayanan.
Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian deskriptif
kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien yang telah mendapatkan pelayanan
sebanyak 158 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai
dengan Oktober 2013 di RSUD Dr. Haryoto Kabupaten Lumajang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian
besar umur responden termasuk ke dalam kategori yaitu usia 21- 40 tahun, jenis
kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan mayoritas
tergolong pendidikan SMP dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai petani.
Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 72,75 yang
termasuk kategori baik. Unsur kepuasan pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi
adalah unsur kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan dan
kepastian biaya pelayanan yaitu sebesar 3,00 dan unsur terendah adalah unsur
kenyamanan lingkungan yaitu sebesar 2,75. | en_US |