INOVASI PRODUK GARMEN PADA CV. ERNA JAYA BALI
Abstract
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
menggunakan Metode kualitatif dengan paradigma naturalistik. Digunakan untuk
mengarahkan penelitian berdasarkan sumber-sumber data, bukan pandangan peneliti.
Sehingga peneliti tidak menambah-nambahkan data yang ada, sesuai dengan sumber
informan, dimana informan merupakan sumber kunci, dari pengumpulan data ini
dilakukan secara trianggulasi, analisis dan data bersifat induktif. Penelitian ini
bersifat objektif dengan apa yang terjadi di lapangan. Dalam penelitian ini peneliti
memperoleh hasil bahwa inovasi yang dilakuan oleh CV. Erna Jaya Bali. Peneliti
melihat dilapangan menyimpulkan bahwa CV. Erna Jaya Bali menggunakan sumbersumber
inovasi pada tingkatan-tingkatan inovasi. Perusahaan juga mengacu pada
pendekatan-pendekatan mengenai pengembangan produk yang didasarkan pada
asumsi pasar yang merupakan bagian dari inovasi-inovasi yang terdiri dari inovasi
berbasis ukuran, inovasi berbasis design, inovasi berbasis bahan komplementar dan
inovasi berbasis pada pengurangan upaya yang diterapkan perusahaan dalam
melakukan kegiatan produksi untuk dapat mempertahankan perusahaan dan
mengembangkanya..