Pengaruh Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan { (Sevice Quality) Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api' Cantik Ekspress' Di Jember
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan
(keandalan daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti fisik) terhadap kepuasan
penumpang kereta api Cantik ekspres di Jember Bambang lrawan, 2007: 4l
halaman).
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) tingkat kepuasan
penumpang; (2) pengaruh faklor-faktor kualitas pelayanan secara simultan dan
parsial terhadap kepuasan penumpang; dan (3) faktor kualitas pelayanan yang paling
berpengaruh terhadap kepuasan penumpang
Populasi penelitian adalah seluruh penumpang kereta api Cantik Ekspress
yang telah menjadi pelanggan. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental
random sampling, sedangkan teknik analisis data adalah MSI (method of successive
interval dan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penumpang kereta api menyatakan
cukup puas terhadap kinerja pelayanan dan sistem administrasi, sedangkan tingkat
kepuasan terhadap sarana dan prasarana yang ada adalah kurang bahkan cenderung
rendah; (2) seluruh fakfor-faktor kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh
nyata terhadap kepuasan penumpang dengan kontribusi pengaruh sebesar 55 persen;
dan (3) faktor kualitas layanan (daya tanggap) berpengaruh paling nyata terhadap
kepuasan penumpang dengan kontribusi sebesar 25 persen, sedangkan faktor
kualitas layanan (jiaminan) pengaruhnya tidak nyata terhadap kepuasan penumpang.