PENERAPAN SISTEM PERSEDIAAN BERAS DI PERUM BULOG SUB DIVRE JEMBER
Abstract
Berdasarkan Hasil Praktek Kerja Nyata pada kantor Perum Bulog Sub Divre Jember pada bagian persediaan, khususnya mengenai Penerapan Sistem Persediaan Beras maka diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Pelaksanaan penerimaan beras diawali dengan diterbitkannya Surat Perintah Terima Barang dari Perum Bulog kepada Kepala Gudang untuk menyerahkan sejumlah beras yang telah ditentukan. Kemudian dilakukan pemeriksaan kualitas beras, bila beras telah sesuai dengan kualitas maka akan dilakukan penimbangan sebelum beras tersebut masuk dalam gudang untuk menjadi persediaan. Setelah penimbangan selesai maka beras tersebut dapat dimasukkan dalam gudang dan disimpan, lalu kepala gudang akan menerbitkan Rekap Penerimaan Barang (GD1M) sebagai dasar pembuatan SPP (Sutrat Permintaan Pembayaran) dan juga pencatatan laporan pemasukan harian melalui Sistem Informasi Logistik (SIL).
2. Pelaksanaan pengeluaran beras yaitu dengan dikeluarkan Pelaksanaan Logistik (Laklog) dan SPPB/DO dari Sub Divre kepada kepala gudang, beras yang dikeluarkan akan ditimbang terlebih dahulu. Setelah dilakukan penimbangan akan dikeluarkan Rekap Pengeluaran Barang (GD1K) yang akan dibuat sebagai laporan pengeluaran harian dan pencatatan dalam Sistem Informasi Logistik (SIL).
Collections
- DP-Company Management [469]