Analisis Tingkat Kepentingan (Importance) dan Kinerja (Performance) Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi Kasus Pada Cipaganti Travel Cabang Jember
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Tingkat Kepentingan (Importance) dan
Kinerja (Performance) Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen : Studi
Kasus Pada Cipaganti Travel CabangJember”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui faktor-faktor dari lima variabel kualitas pelayanan yang menjadi
prioritas dalam upaya memuaskan penumpang atau konsumen.
Dari Importance-Performance Analysis diungkapkan bahwa faktor yang
seharusnya menjadi prioritas dalam meningkatkan kualitas pelayanan yaitu :
karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember berkompetensi dalam bidangnya,
karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember melayani konsumen dengan sungguh-
sungguh, karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember mau membantu kesulitan
konsumen, dan kenyaman konsumen saat perjalanan yang berada di dalam
kuadran A, karena tingkat pelaksanaanya belum dapat memuaskan konsumen.
Untuk item-item kondisi kendaraan Cipaganti Travel Cabang Jember sudah
memadai, fasilitas dalam kendaraan Cipaganti Travel Cabang Jember berfungsi
dengan baik, karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember professional dalam
menjalankan tugasnya, selama perjalanan konsumen merasa aman, karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember bersikap sopan selama perjalanan, dan karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember menanggapi keluhan konsumen dengan sabar yang
berada di dalam kuadran B ini perlu dipertahankan, karena tingkat pelaksanaannya
telah sesuai dengan kepentingan dan harapan konsumen. Untuk item-item
karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember memberikan informasi yang dibutuhkan
konsumen dengan jelas, karyawan Cipaganti Travel Cabang Jember menguasai rute
perjalanan, dan karyawan Cipaganti Travel Cabang Jember dapat memahami
keinginan konsumen yang berada di dalam kuadran C
perlu segera dilakukan
perbaikan guna memperbaiki dan menata kembali unsur-unsur yang ada karena masih
dianggap kurang penting dan kurang diperhatikan oleh konsumen, dan tingkat
pelaksanaannya pun masih dianggap kurang atau biasa-biasa saja.
Untuk item karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember berpakaian bersih dan rapi, konsumsi yang
disediakan Cipaganti Travel Cabang Jember sudah memadai, dan karyawan
Cipaganti Travel Cabang Jember selalu bersikap ramah ketika memberikan
vii
pelayanan yang berada di dalam kuadran D dinilai berlebihan dalam
pelaksanaannya, hal ini disebabkan anggapan konsumen bahwa hal itu kurang penting,
tetapi pihak Cipaganti Travel Cabang Jember berusaha memberikan layanan yang cukup
baik, sehingga konsumen telah merasakan kepuasan atas layanan yang diberikan.