PERUBAHAN LABA, UKURAN PERUSAHAAN, FINANCIAL LEVERAGE, TUJUAN PENGGUNAAN DANA DAN EARNINGS MANAGEMENT PADA PENAWARAN SAHAM PERDANA PERUSAHAAN SUB SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan pada perusahaan sektor
manufaktur sub sektor industri barang konsumsi yang melakukan initial public
offerings (IPO) di Bursa Efek Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah
menganalisis pengaruh perubahan laba, ukuran perusahaan, financial leverage dan
tujuan penggunaan dana IPO terhadap earnings management. Pada saat perusahaan
melakukan IPO, tidak banyak informasi mengenai perusahaan yang diketahui oleh
public sehingga sangat dimungkinkan sebuah perusahaan melakukan earnings
management.
Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda untuk
menguji pengaruh variabel-variabel independen yaitu perubahan laba, ukuran
perusahaan, financial leverage dan tujuan penggunaan dana IPO terhadap earnings
management sebagai variabel dependen. Jenis data dalam penelitian ini adalah data
sekunder yaitu diperoleh dari prospektus perusahaan. Prospektus tersebut diperoleh
dari Pusat Data Fakultas Ekonomi Universitas Jember yang bersumber dari
Indonesian Capital Market Directory (ICMD).
Hasil dari penelitian ini adalah dua dari empat variabel independen yaitu
perubahan laba dan ukuran perusahaan masing-masing tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap earnings management pada saat IPO. Namun variabel tujuan
penggunaan dana IPO dan financial leverage memiliki pengaruh signifikan terhadap
earnings management pada saat IPO. Pada pengujian secara simultan yaitu secara
bersama-sama, perubahan laba, ukuran perusahaan, financial leverage dan tujuan
penggunaan dana IPO memiliki pengaruh signifikan terhadap earnings management
pada perusahaan dalam sub sektor industri barang konsumsi yang melakukan IPO.