PENGARUH GREEN MARKETING DAN PENGETAHUAN SERTA KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK ORIFLAME DI SPO 857 JEMBER
Abstract
Green marketing merupakan pemasaran ramah lingkungan untuk meminimalisir dampak rusaknya lingkungan. Banyak konsumen yang semakin sadar terhadap permasalahan lingkungan menjadikan banyak perusahaan menerapkan isu-isu lingkungan sebagai bentuk strategi pemasaran. Oriflame adalah salah satu perusahaan kosmetik yang telah menerapkan green marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh green marketing dan pengetahuan serta kepercayaan terhadap keputusan pembelian kosmetik Oriflame di SPO 857 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah membeli kosmetik Oriflame di SPO 857 Jember. Sampel yang terpilih sebanyak 120 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu, konsumen yang pernah membeli dan memakai kosmetik Oriflame eco-beauty di SPO 857 Jember. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan pendekatan confirmatory yaitu menganalisis data dengan melakukan perhitungan-perhitungan menurut metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan program Amos.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa seluruh variabel yaitu, green marketing dan pengetahuan serta kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian kosmetik Oriflame di SPO 857 Jember. Oleh karena itu pemilik SPO 857 Jember perlu mempertahankan dan meningkatkan green marketing dan pengetahuan serta kepercayaan agar konsumen akan tetap selalu melakukan pembelian kosmetik Oriflame di SPO 857 Jember.