PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KANTOR BANK BRI CABANG JEMBER UNIT UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan
Nasabah Kantor Bank BRI Cabang Jember Unit Universitas Jember”. Penelitian
ini bertujuan untukmengetahui dan menganalisis pengaruh dimensi kualitas
layanan secara parsial dan simultan terhadap kepuasan nasabah Kantor Bank BRI
Cabang Jember Unit Universitas Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah
semua nasabah pada Bank BRI Kantor Unit Kampus di Kabupaten Jember,
dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Alat analisis yang digunakan adalah
analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian : 1) Menunjukkan bahwa dimensi
bukti fisik, kehandalan dan empati secara parsial berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan nasabah pada Kantor Bank BRI Cabang Jember Unit Universitas
Jember, sedangkan dimensi daya tanggap dan jaminan secara parsial tidak
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah pada Kantor Bank BRI
Cabang Jember Unit Universitas Jember, dan; 2) Menunjukan bahwa dimensi
bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara bersama-sama
berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada Kantor Bank BRI Cabang Jember
Unit Universitas Jember.