PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP PERPINDAHAN MEREK (Studi Pada Konsumen Produk Lipstik Wardah Di Wilayah Perkotaan Jember)
Abstract
Saat ini kebutuhan konsumen akan kosmetik semakin tinggi karena selain
untuk perawatan tubuh, kosmetik juga menunjukkan identitas atau jati diri
seseorang dalam komunitas tertentu. Melihat peluang tersebut maka banyak
perusahaan kosmetik baik dalam negeri maupun luar negeri bersaing untuk
menghadirkan berbagai jenis produk kosmetik salah satunya adalah produk lipstik
yang diproduksi oleh Wardah. Pencapaian Wardah saat ini membuat semakin
banyak konsumen yang melakukan perpindahan merek dari merek produk lisptik
lama ke produk lipstik Wardah ditinjau dari segi citra merek, kualitas produk, dan
harga.
Pada penelitian ini menggunakan 3 variabel yang dapat mempengaruhi
perpindahan merek pada konsumen produk lipstik Wardah. Variabel yang pertama
adalah citra merek, variabel kedua adalah kualitas produk, dan variabel yang
ketiga adalah harga. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis tertarik untuk
menguji pengaruh citra merek, kualitas produk, dan harga terhadap perpindahan
merek pada konsumen produk lisptik Wardah di wilayah perkotaan Jember.
Penelitian ini adalah penelitian confirmatory research karena bertujuan
untuk mengkonfirmasi teori. Populasi dari penelitan ini adalah masyarakat
berjenis kelamin wanita yang bertempat tinggal di wilayah perkotaan Jember.
Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan
metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan analisis regresi
linier dengan pendekatan konfirmatori. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa ketiga variabel berpengaruh secara signifikan. Citra merek, kualitas
produk, dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap perpindahan merek.