ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI KUALITAS LAYANAN DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Perlu diketahui bahwa negara dan pemerintah dituntut untuk memenuhi
keinginan-keinginan atau kebutuhan-kebutuhan masyarakat, karena pemerintah
pada hakikatnya adalah pelayan masyarakat. Kehidupan masyarakat yang semakin
kompleks menuntut adanya suatu pelayanan yang semakin berkualitas. Kualitas
layanan yang diberikan kepada masyarakat sangat dipengaruhi oleh motivasi dan
kecerdasan emosi yang dimiliki oleh aparat pemerintahan. Sehingga kebijakan
dan penentuan strategi dalam memotivasi pegawai menjadi sangat penting, karena
dapat berdampak pada kinerja pegawai. Dari penelitian diperoleh kesimpulan
bahwa motivasi dan kecerdasan emosional pegawai sangat berpengaruh terhadap
kualitas layanan guna mencapai kinerja yang maksimal.
Populasi dari penelitian ini adalah seluruh pegawai tetap Kantor Pertanahan
Kabupaten Jember. Dalam penelitian ini populasi juga bertindak sebagai sampel
sebanyak 53 responden. Penelitian ini menggunakan metode penelitian populasi
(sensus). Metode analisis data menggunakan Path Analysis (Analisis Jalur). Hasil
dari penelitian menunjukkan bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh secara
signifikan terhadap kualitas layanan (Z), variabel kecerdasan emosional (X2)
berpengaruh secara signifikan terhadap kualitas layanan (Z), variabel motivasi
(X1) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai (Y), variabel
kecerdasan emosional (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja
pegawai (Y). Dan kualitas layanan (Z) berpengaruh secara signifikan terhadap
kinerja pegawai (Y). Semua jalur menunjukkan signifikan sehingga tidak perlu
dilakukan Trimming Theory. Hasil tersebut dapat dilihat dalam pengujian
koefisien jalur.