ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2011-2012
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh umur perusahaan terhadap tingkat
underpricing, menganalisis pengaruh ukuran perusahaan terhadap tingkat
underpricing, menganalisis pengaruh Earning Per Share (EPS) terhadap tingkat
underpricing, menganalisis pengaruh Net Profit Margin (NPM) terhadap tingkat
underpricing dan menganalisis pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) terhadap
tingkat underpricing. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang
melakukan IPO di BEI tahun 2011-2012. Pemilihan sampel dalam penelitian ini
menggunakan metode purposive sampling. Metode analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur perusahaan tidak
berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik
di Bursa Efek Indonesia. Ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap
tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. EPS tidak
berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik
di Bursa Efek Indonesia. NPM tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap tingkat
underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek Indonesia. DER berpengaruh
positif signifikan terhadap tingkat underpricing pada perusahaan publik di Bursa Efek
Indonesia.