Pembuatan Brake Rotor Berbahan Komposit Logam Al/Al2O3
Abstract
Kebutuhan pada material yang mempunyai sifat mekanik unggul dan dengan berat yang ringan sudah menjadi tuntutan dalam industri otomotif saat ini.
Sebagai material yang akan digunakan dalam industri otomotif dan kaitannya dengan lingkungan, maka pengurangan berat komponen kendaraan bermotor merupakan salah satu tujuan utama dalam pengurangan penggunaan bahan bakar sehingga dapat mengurangi penggunaan energi dan polusi gas buangnya.
Karakteristik Komposit Logam dipengaruhi oleh waktu tahan, temperatur proses, prosentase magnesium dan volume fraksi penguat. Penelitian ini menekankan pembuatan Komposit Matrik Logam (Al/Al2O3) sebagai bahan untuk pembuatan komponen otomotif (Brake Rotor).
Material yang digunakan adalah (Al2O3), alumunium ingot, serbuk magnesium (Mg) sebagai dopan dan Nitrogen sebagai gas inert. Dalam penelitian ini digunakan metode Infiltrasi Tanpa Tekanan (PRIMEX) dengan teknik percampuran Mg-Al2O3 secara merata dan tidak merata (70% merata dan 30% di permukaan), untuk pembuatan komposit matrik logam (Al/Al2O3) dengan temperatur proses 1000oC dan 1100oC, waktu tahan 10 jam, dan prosentase Mg yang digunakan adalah 10% dan 13%.
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pengaruh temperatur dan kandungan magnesium terhadap karakterisasi dari komposit yang meliputi pengujian kekerasan, densitas, porositas, laju keausan, dan struktur mikro pada komposit matrik logam (Al/Al2O3) dengan proses PRIMEX. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa dengan semakin meningkatnya temperatur dan semakin besarnya kandungan magnesium akan meningkatkan karakteristik dari komposit matrik logam. Pada penelitian ini diperoleh temperatur 1100oC dan 13 %Mg memiliki karakteristik komposit matrik logam yang optimum.
Kata Kunci : Komposit Logam, proses PRIMEX
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]