MINAT ADOPSI ICT DI BIDANG AGRIBISNIS DI JAWA TIMUR: EMPIRICAL STUDY MENGGUNAKAN HIERARCHICAL LOGISTIC REGRESSION MODELLING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi faktor-faktor pengaruh adopsi ICT di bidang agribisnis di Jawa Timur. Banyaknya sampel dalam penelitian ini adalah 200 agribisnis manager yang dijadikan sumber data primer. Disain dari penelitian ini mengacu pada model Y&J ICT Adoption
Penelitian ini dikerjakan dalam dua tahap yaitu tahap descriptive development dan tahap hypotheses testing. Close questionaire didistribusikan kepada 150 responden dengan tingkat pengembalian 0.83% atau sebanyak 124 respon. Data kemudian diolah menggunakan analisis descriptive statistics, Confirmatory Factor Analysis dan Hierarchical Logistic Regression. Dengan reference category Y&J Adoption Level I (telephone) hasil Hierarchy Logit menunjukkan bahwa pada Wave I Wave II dan Wave III variable Literacy masih berpengaruh signifikan pada adopsi ICT level II (Computer) maupun Level III (Internet). Wave III memiliki varian variable yang signifikan yaitu dengan adanya variabel infrastruktur pada adopsi Level II (Computer) Serta Variabel Techshop pada adopsi level III (Internet).
Kontribusi dari penelitian ini adalah pengembangan teori analisis regresi dalam penelitian sosial dengan mengedepankan model regresi non linier yang mampu mengakomodasi segala jenis data dengan metode hierarchi untuk mendapatkan kombinasi faktor pengaruh dan sekaligus sebagai alternatif pengganti metode Structural Equation Modelling. Bagi pengambil keputusan, hasil penelitian ini diharapkan mampu memberi kontribusi dalam mengidentifikasi kombinasi variable pengaruh adopsi pada berbagai gelombang (Waves). Sampel yang lebih besar diperlukan untuk memperbaiki performa output dan hasil analisis.
Collections
- LRR-Hibah Fundamental [144]