PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT DENGAN EXEMPLAR PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SEKOLAH DASAR
View/ Open
Date
2014-06-30Author
TITIK SUGIARTI
Nurcholif Diah Sri Lestari
Metadata
Show full item recordAbstract
Akar masalah dalam penelitian ini adalah kenyataan bahwa pembelajaran di sekolah dasar yang terjadi selama ini kurang memfasilitasi karakteristik siswa. Pembelajaran kurang menekankan pada melatih siswa mengonstruksi pengetahuan sendiri terutama dengan pemecahan masalah sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tidak berkembang. Pemecahan masalah jarang diterapkan di sekolah dasar karena sulitnya mengajarkan dan mengases pemecahan masalah. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui seperangkat masalah yang telah dirancang dalam exemplar problem dengan mencontohkan bagaimana pemecahan siswa diasses dengan exemplar rubric (authentic assessment). Model pembelajaran yang dimaksud dinamakan dengan “Model Pembelajaran Matematika berbasis authentic assessment dengan eksemplar problem”. Untuk tujuan tersebut digunakan model pengembangan pendidikan umum dari Tjeerd Plomp (1997) dengan empat fase yang meliputi: Fase investigasi awal, Fase desain, (c)Fase realisasi, (d)Fase tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahun pertama penelitian ini, telah dihasilkan model pembelajaran yang valid. Sedangkan syarat praktis dan efektif akan diujicobakan pada pertemuan kedua.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]