Show simple item record

dc.contributor.authorSunardi
dc.contributor.authorDian Kurniati
dc.contributor.authorSuharto
dc.date.accessioned2014-06-30T06:25:43Z
dc.date.available2014-06-30T06:25:43Z
dc.date.issued2014-06-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57877
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPendekatan RME mampu mengkonstruk pengetahuan siswa dengan melibatkan mereka secara langsung dalam penemuan konsep, sehingga secara langsung akan terbentuk dan berkembang karakter teliti, konsisten, dan kreatif dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu perangkat pembelajaran geometri yang valid, reliabel, dan praktis yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan karakter teliti, konsisten dan kreatif pada siswa SMP. Adapun perangkat pembelajaran yang dihasilkan adalah RPP, Buku Guru, Buku Siswa, LKS, serta instrumen penilaian karakter. Secara operasional, proses pengembangan mengacu pada modifikasi model pengembangan Thiagaradjan, dengan memperhatikan aspek kualitas produk yang ditetapkan oleh Nieveen, yaitu aspek kevalidan, aspek kepraktisan, dan aspek keefektifan. Ketika ujicoba berlangsung dilakukan pengamatan terhadap karakter konsisiten, teliti dan kreatif dalam diri siswa. Hasil dari penelitian ini adalah karakter teliti, konsisten dan kreatif berkembang secara maksimal, sehingga disimpulkan perangkat pembelajaran yang diperoleh dalam penelitian ini adalah valid, praktis dan efektif.en_US
dc.publisherFKIP'13en_US
dc.relation.ispartofserieshibah bersaing;19
dc.subjectPerangkat Pembelajaran Geometrien_US
dc.subjectPendekatan Realistic Mathematics Educationen_US
dc.subjectProgram Evaluationen_US
dc.titlePENGEMBANGAN KARAKTER TELITI, KONSISTEN DAN KREATIF PADA SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBASIS LESSON STUDYen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record