MODEL INOVASI MOTIF DAN PRODUK DALAM MEMBANGUN SENTRA INDUSTRI BATIK BERBASIS KREATIVITAS PADA PENGRAJIN BATIK GEDHOG DI KABUPATEN TUBAN
View/ Open
Date
2014-06-30Author
Sri Wahjuni
Dina Suryawati
Yuslinda Dwi, Handini
Metadata
Show full item recordAbstract
Fokus penelitian ini adalah membangun sentra pengrajin Batik Gedhog berbasis kreativitas di Kabupaten Tuban yang memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata Batik Gedhog. Luaran penelitian ini adalah berupa Model Pembinaan Keorganisasian dan Inovasi pada Pengrajin Batik Gedhog di Kabupaten Tuban. Konsep yang mendukung adalah Manajemen Produksi, Manajemen Pemasaran dan Pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode naturalistik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Aspek kajian meliputi 1) Potensi produk Batik Gedhog, 2) Pemasaran, 3) Kuantitas dan kualitas pengrajin, 4) Ketenagakerjaan. Dalam mengembangkan industri batik tulis tenun gedhog di Kabupaten Tuban, terdapat lima pilar yang harus terlibat yakni: pembatik/pengrajin, pemerintah, pengusaha batik, Pihak swasta BUMN dan masyarakat. Dalam hal pembinaan organisasi dalam rangka pengembangan kapasitas pengrajin batik, dibutuhkan keterlibatan BLK (Balai Latihan Kerja), Disperindag, Perusahaan Swasta, Disbun dan PNPM. Pengembangan kreatifitas motif dan produk dapat dilakukan dengan memperhatikan style permintaan pasar dengan tidak menghilangkan ciri khas kearifan lokal dan melakukan diversifikasi produk melalui pengembangan sentra Industri batik di kabupaten Tuban.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]