MODEL PENGEMBANGAN BISNIS SUPERMARKET BERBASIS PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian adalah mengetahui dan menganalisis perilaku pembelian impulsif di supermarket Kabupaten Jember. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari responden yang didapat melalui kuesioner. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelian impulsif tetapi pembeli punya kemandirian untuk menilai kebutuhan atau keinginannya serta mandiri dalam pengambilan keputusan. Persepsi pembeli terhadap produk yang dibeli menyatakan sekitar 98% merupakan pembelian yang rasional, karena yang dibeli merupakan kebutuhan yang segera dipenuhi. Kebutuhan pokok yang menjadi prioritas pembelian juga memberikan makna adanya pembeli atau segmen pasar kelas menengah ke bawah. Pembeli merasakan puas atas pembelian di supermarket dan pembelian impulsif yang dilakukan mendapatkan tanggapan yang positif dari orang. Implikasi pembeli yang merasa puas telah memberitahukan kepada orang lain dan mempengaruhi untuk melakukan pembelian.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]