• Login
    View Item 
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    •   Home
    • COMMUNITY SERVICES REPORT (LPM)
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIBOMBER CERDAS UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISWA TERHADAP KOMPETENSI MATA PELAJARAN UJIAN NASIONALDI KABUPATEN BONDOWOSO SITUBONDO BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    1. COVER.pdf (83.87Kb)
    2. PENGESAHAN.pdf (201.7Kb)
    3. SUBSTANSI LAPORAN PM-PMP.pdf (140.3Kb)
    4. PRAKATA.pdf (105.3Kb)
    5. DAFTAR ISI.pdf (61.41Kb)
    6. DAFTAR TABEL.pdf (84.16Kb)
    7. Daftar Lampiran.pdf (51.01Kb)
    8. PENDAHULUAN.pdf (384.3Kb)
    9.KESIMPULAN DAN REKOMENDASI.pdf (53.68Kb)
    10. DAFTAR PUSTAKA.pdf (162.5Kb)
    11. lampiran foto.pdf (718.3Kb)
    Date
    2014-06-03
    Author
    Sumarjono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indikator keberhasilan suatu proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) dapat dilihat salah satunya dari keberhasilan siswa memperoleh nilai Ujian Nasional (UN) yang tinggi. Tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih ada siswa di beberapa daerah yang belum berhasil mencapai nilai UN dengan baik, di mana rata-rata nilai UN kurang dari 6,00. Dari hasil penelitian PPMP tahun 2011 dapat diketahui bahwa pada 9 mata pelajaran UN untuk tahun 2008, 2009 dan 2010 untuk siswa SMA di wilayah di tiga kabupaten yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi terdapat Standar Kompetensi (SK) yang belum dikuasai siswa (nilai <60). Solusi yang diberikan untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa adalah mengembangkan Medel Pembelajaran SIBOMBER (SIap Belajar Optimal Mandiri dan BERhasil) Cerdas berdasarkan paradigma konstruktivistik dan psikologi kognitif dengan alternatif yang meliputi: 1) Tipe SIBOMBER Relakas; 2) Tipe Sibomber Menyeleseikan Masalah secara Cerdas (MMC) dapat meningkatkan penguasaan siswa terhadap kompetensi mata pelajaran ujian nasional. Tindak lanjut hasil PPMP tersebut adalah kegiatan Penerapan Model Pengembangan Mutu Pendidikan (PM-PMP) tahun 2012. Tujuan PM-PMP tahun 2012 adalah untuk (1) mengembangkan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) menerapkan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UN di sub wilayah Jawa Timur 3, yaitu Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi, dan (3) mengukur efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Untuk mencapai tujuan dilakukan 4 program, yaitu (1) program pengembangan Model Pembelajaran yang dijadikan solusi pada kegiatan PPMP tahun 2011, (2) Program Training of Trainers (ToT) pada 9 Guru model 9 matapelajaran UN, (3) Program Penerapan Model Pembelajaran tersebut pada 9 mata pelajaran UN, dan (4) Program Pengukuran efektifitas penerapan Model Pembelajaran tersebut. Luaran yang ditargetkan dari pelaksanaan PM-PMP ini adalah diperoleh Model Pembelajaran yang terverifikasi untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa SMA Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/57759
    Collections
    • CSR-Hibah Ditlitabmas - IbM [217]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository